Sabtu, 13 Juli 2013

Hemat, beeeeebbb...

hello fellas... :)
i'm back. hahahaha...
yeah... gue balik lagi corat-coret dan ngepost di blog gue. beberapa saat yang lalu gue vacuum dari blog dan hiding almost all of my posts because of something. apakah something-nya? gue sebel sama salah satu stalker blog gue :p soalnya dia rese sih... dia doyan stalking di blog gue tapi doyan juga ngomel-ngomel. ribet sendiri tu dia. ntar juga pasti baca post gue ini. wkwkwk... iya gue sebel kalo ni stalker ngomel-ngomel duuuhhh... jangan ngomel-ngomel lagi dahh.. sebel gue, gue gak mau mewek cuma gegara blog (pernah soalnya, haha) awas kau kalo ngemeng macem-macem lagi!!

okay, ada banyak hal sebenernya yang pengen gue share di blog, dari yang menyenangkan, menegangkan, menyeramkan, menjengkelkan, sampai yang bikin galau abis (hikshikshiks)..
nah, sekarang gue malah bingung mo cerita apa dulu di blog. hmm.. ini aja deh ya.. tentang keborosan gue bulan ini.


oh deiiimmmnn.. gue boros banget di awal bulan ini, asli deh.. padahal ini bulan Ramadhan maaann... harusnya Ramadhan gue bisa makan enak-enak gitu pake duit gue, ehh... duit gue malah udah kepake duluan di awal bulan. dari mulai gue yang boros dengan memakai uang itu untuk beli barang-barang yang emang kebutuhan gue sampai hal yang sebenernya bukan gue banget. huhuhuhuu...

jadi, di akhir bulan Juni itu gue abis beli modem, uangnya pake uang hasil gue kumpulin+sebagian uang nyokap gitu, harganya sekitar 400k itu udah diskon yaaa.. aslinya 700k. pfftt agak nyesel jg sih gue beli modem harga segitu padahal masih ada yang harga 200k. huaaa... entahlah, waktu itu gue buru-buru aja, beli modem cuma 10 menit langsung out dari outletnya. hadaw inilah akibat kalo beli sesuatu gak pake pertimbangan, ini bukan gaya gue banget :( tapi gue mencoba untuk ikhlas dengan apa yang udah jadi pilihan gue walau asli ini berat banget. hiks..
then, awal bulan gue sama kakak disuruh nyokap nyari kaos manset buat nyokap and adik gue. nyokap minta cariin banyak warna gitu. pertama kakak gue ngajak nyari di toko deket kampus FBS UNY, namaya El*ps hihi... terus cuma nemu satu warna yang dimau, bayar langsung cuss keluar karena gue pusing liat banyak baju cewek warna-warni dengan bentuk variasi gaje gitu. beneran!! gatau deh kok tiba-tiba di toko itu gue pusing. ohh my.. sorry ya El*ps..
after that, gue diajak kakak gue ke sebuah toko kalo gasalah namanya V*ola. ini toko lebih gede dari yang tadi gue kunjungi, pakaian yang dijual juga beragam dan tertata rapi banget. gatau kenapa gue gak ngerasa pusing disini. gue sama kakak nyari kaos manset warna yang nyokap mau, tp ternyata bahannya gak sesuai sama yang mama pengen, so kita gak memutuskan untuk beli itu kaos. terus kakak nyoba-nyoba topi gitu. dari tadinya cuma nyobain topi, kita pindah liat-liat jeans. pfft.. gue tadinya mau ngajak kakak gue pulang eh malah ikut-ikutan liat celana jeans. terus kakak gue bilang, "dicoba dulu yuk?" gue manut aja. terus kita masuk ke ruang ganti nyoba-nyoba malah pengen beli. hoaaaaaa... entah setan belanja mana yang merasuk ke diri gue sehingga gue mo shopping. aaaiiih... T_T yaudahlah gue beli aja kali ya, sekali-kali beli barang sendiri itu kan wajar-wajar aja. hiks... udah tuh fix beli celana jeansnya. abis itu kakak gue liat-liat rompi jeans dan gue liat-liat baju. daaaannn... tidakkk... entah kenapa gue tertarik dengan beberapa baju dan kemudian menuju ke fitting room buat coba bajunya. dan akhirnya gue beli 1 baju. wadahel... gue gatau itu kenapa gue kayak gitu aduh itu tuh gak logis banget gue kayak gitu huaaaa *gaje* terus bayar deh ke kasir. duit cash gue cuma ada 100k di dompet, jelas aja itu gak cukup buat bayar belanjaan gue jadi gue pake kartu debit deh buat bayar sekalian bayarin belanjaan punya kakak gue gitu. nah udah itu kita keluar dari toko dengan tidak membeli titipan nyokap, tapi malah shopping sendiri. hwaaa... gue masih gak sadar waktu itu. lanjut ke tempat ketiga. nah di toko itu kita nemuin semua kaos manset dengan warna yang nyokap pesen. kakak gue sibuk milihin manset buat nyokap, nah gue malah milih manset buat gue sendiri. gue beli sendiri, sekalian sama kerudungnya. trus bayar.. gue masih biasa aja gitu. pas pulang ke rumah... hellaaaaa.... what did i just do? gue nuker uang gue dengan barang-barang ini? omaygosh... huhuhuu... gue bener-bener ngelakuin semua ini :( i just bought everything... from head to toe semuanya baru. ya ampuun.. ya kebetulan minggu kemarinnya juga gue abis beli sepatu flat cewek gitu, harganya biasa aja sih, itu juga gue beli karena ada sesuatu gitu. tapi kalo dihitung tu belanjaan gue, huaaaa mahal juga ternyata totalnya :'(

oya.. gue juga baru aja beli 3 buku-nya ust. Felix Siauw, totalnya sekitar 170k udah termasuk ongkir karena gue belinya online. akhirnya gue menemukan no money di tabungan gue di Bank. wakss.. ada sih uangnya cuma gabisa diambil karena udah ampe batas limit gitu T_T

ihh gue bener-bener gak habis pikir sama hal yang gue lakuin itu. bisa-bisanya gue kalap ya, shopping seenaknya  T_T bener-bener bukan gue banget lahhh...

terus gue makan gimana? untungnya gue udah bayar uang bulanan yang biasa gue sama kakak gue lakukan. ya karena kita tinggal bersama di rumah yang sama, kita patungan buat memenuhi kebutuhan rumah tangga secara mandiri dari uang bulanan yang mama kasih. uang bulanan itu gak cuma buat makan lho ya, tapi juga buat beli kebutuhan lain kayak deterjen, pasta gigi, listrik, dll. ya sebenernya meski gue tinggal di rumah sendiri, gue sama aja kayak anak kost yang lainnya, karena kita sama-sama jauh dari ortu, semua dikerjain mandiri.

Alhamdulillah, sejak kecil gue udah diarahkan sama ortu untuk bisa manage keuangan sendiri. gue kenal yang namanya jajan sendiri itu kelas 2 atau 3 SD (gue lupa tepatnya), dan dari umur segitu juga gue diajarkan untuk hemat. gue masih jarang jajan. gue lebih sering saving money waktu iu. syukurlah nyokap gue emang bener-bener nyokap yang baik.. nyokap selalu menyediakan bekal makan siang untuk keluarga. gak cuma kami anaknya yang dibawain bekal ke sekolah, tapi bokap juga sering bawa bekal buatan nyokap ke kantor. itu so sweet banget menurut gue. aiiihh.. gue dari SD udah dikasih uang jajan minguuan, 6k/minggu. gue yang manage sendiri itu uang, mo gue pake kayak gimana terserah gue, mo gue habisin sehari doang, bisa. mo gue habisin seminggu boleh. gue tabung juga boleh banget. walaupun sebenernya bokap gak bilang "kalo habis gak boleh minta lagi", tapi tetep aja gue gak pernah minta lagi, karena emang gue lebih banyak nabung daripada jajannya. ahh pokoknya gitu deh.. intinya, dari kecil gue biasa manage uang dengan baik dan gak pernah ngerasa kehabisan uang karena gue punya cadangan di tabungan gue. tapi entah kenapa saat ini kok gue bisa boros banget. huaaaa... bener-bener kacau... untung aja, uang tabungan hasil duit THR dan lain-lain gue tinggal di Banjar.,bisa raib semua tuh kalo gue simpan di Jogja. Fiuh.. gue cuma bawa sedikit dari uang kumpul-kumpul gue di Banjar. lumayanlah ada 230k yang gue bawa dan ini jadi duit pegangan gue sekarang. gue gak boleh boros lagi. gue harus bisa manage ni uang. pengennya sih gak kepake sepeserpun, tapi kayaknya impossible banget deh. ya semoga kalopun harus kepake masih sisa banyak deh ya.. aamiin...

nah, hikmahnya apa?
JANGAN BOROS, ASTARI!!! pikir-pikir lagi kalo mo belanja. ingat, kalo sekarang itu lagi proses hidup mandiri, gak boleh kalap! dan kayaknya gak usah shopping-shoppingan lagi deh T_T udah cukup sekali-kali aja. (sekali-kali langsung sengsara)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ooo ini ya blognya.. aduh maaf nyasar. yang jelas entah debit atau credit card beserta alat yang mempermudah transaksi pasti ada sisi negatif seperti itu. bagusnya, hal itu mendorong orang untuk melakukan easy shoping yang mana bisa dijadikan lahan usaha. aww. salam ngawur.

Posting Komentar