Jumat, 19 Desember 2014

Edutech Club

Holla fellas...
Apa kabarnya hari ini? kalau saya hari ini luar biasa. hehehe... tidur saya nyenyak sekali semalam setelah lelah seharian dari pagi hingga malam sibuk dengan kegiatan kuliah. di postingan saya ini, saya akan sedikit bercerita tentang kegiatan saya di hari Kamis, 18 Desember 2014.


Hari kamis ini, saya merasa akan berat sekali. kenapa? karena hari ini kegiatan saya akan full dengan kuliah, ujian, dan syuting. yup, hari kamis saya kuliah mulai dari jam 7.30, tapi jam pertama itu dosennya gak ada. maka pukul 8.30 saya sudah bisa ngacir ke kos teman saya, Salma. Saya beriat untuk mengajaknya sarapan bareng seperti yang kami lakukan di setiap Kamis pagi. Btw, Salma ini sedang sakit, maka pas saya datang ke kosnya saya liat wajahnya makin lemes. hadududu... pet embuh ea cuyung~

biasanya kalau kamis pagi, saya dan Salma selalu sarapan soto. ada dua tempat yang jadi favorit kami, soto Rembang di gang depan kampus FIS UNY dan soto yang ada di depan UPP 1 (biasanya kami sebut kampus mandala UNY). pagi ini saya dan salma memilih untuk sarapan di soto depan kampus mandala karena pada jam 11 kami akan melaksanakan UAS Statistika di kampus mandala.

UAS?? iyah, UAS statistika. ah... saya sebenarnya belum belajar. hahaha... saya kelelahan pada malam sebelumnya, belajar dini hari pun saya terkantuk-kantuk. saya cuma berbekal doa yang saya panjatkan setelah sholat tahajjud dan sholat shubuh dan membaca materi sedikit-sedikit (tapi pada mental. hahaha). Alhamdulillah, saya bisa mengerjakan UAS dengan lumayan. tapi, entahlah dengan hasilnya. hohohoho... yang penting beres satu deh beban saya.

jam 12an saya samapai lagi di kampus pusat UNY (FIP UNY), langsung saya dan teman-teman menyambar mushola untuk melaksanakan sholat dzuhur. setelahnya kami harus langsung naik ke lantai dua menuju LAB TP. sebenarnya kami lapar sekali, ingin makan siang dulu. tapi, kami satu kelas media TP'12, sudah sepakat untuk persiapan syuting pukul 1 siang. dengan semangat yg masih tersisa lumayan kami ke LAB TP deh. disana, saya temui teman-teman yang sudah sibuk mempersiapkan alat-alat untuk syuting, beberapa sedang diskusi tentang konsep jalannya acara.

jadi, sudah beberapa minggu kami disibukkan dengan berbagai macam tugas akhir. banyak sekali tugas-tugas besar yang kami harus nikmati di semester 5 ini. bisa dibilang ini semester berat banget. salah satunya adalah tugas Sinematografi, kami satu kelas Media harus membuat sebuah rekaman video dengan teknik multi-camera. susah sekali mengumpulkan teman-teman satu kelas media untuk rembug soal proyek besar ini, karna kelas Media ini adalah pecahan dari kelas TP A dan TP B (Kelas Media adalah kelas konsentrasi dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNY). kami semua juga sama-sama tahu kalau kami sibuk dengan banyak tugas. sebenarnya kami pernah mencoba membuat tugas akhir ini dengan konsep talkshow yang terinspirasi dari Mata Najwa, jadi formal gitu acaranya. Nama acaranya adalah Republik TePe, waktu itu kami mengambil tema Kurikulum 2013. karena konep acaranya formal dan temanya cukup berat menurut kami, saya dan teman-teman jadi tegang dan  berakhir gagal. hahaha... hasilnya amburadul banget.

akhirnya, kami mengubah konsep acara jadi lebih santai. pembahasannya pun lebih ringan. kami tetap melaksanakan syuting multi-camera dengan konsep talkshow, nama acaranya adalah Educational Technology Club atau disingkat Edutech Club. tema yang kami angkat adalah Permainan Tradisional Tinggal Kenangan. kami berusaha mengemas acara ini menjadi lebih interaktif dengan penonton di studio, lebih santai, dan lebih dagelan. hahaha...

saya dalam acara ini berperan sebagai host/moderator. saya diminta oleh penggagas konsep untuk lebih dagelan, lebih fun, dan jangan tegang dalam membawakan acara ini. aduh, agak sulit sih menurut saya, karena saya masih amat sangat pemula banget. saya agak takut kalau nanti dalam membawakan acara bukannya seru malah garing banget. hahaha...

acara kami ini benar-benar dibuat dan dimainkan oleh kami mahasiswa TP Media '12. dalam melaksanakannya kami didampingi oleh mas Habib Hambali dan mas Bima Giri (kakak angkatan TP '09).
bagi yang ingin menyaksikan aksi kami dalam bersinematografi, silakan saksikan video ini



well, sebagai seorang newbie saya seneeeeng sekali melihat hasil syuting saya dan teman-teman. karena akhirnya kami berhasil meminimalisir banyak kesalahan yang kami lakukan di syuting dan latihan sebelumnya. ya walaupun agak geli juga lihat bagaimana aksi saya di kamera. aduh, menurut saya banyak banget salahnya deh. banyak hal bodoh yang saya lakuin -_- muka saya yang gak kobe banget pun terrekam. hahaha... perlu jam terbang lebih lagi biar bisa se-profesional host-host di televisi.

btw, saya menemukan diri saya terlihat makin kurus dengan hijab seperti itu, membuat muka menjadi lebih panjang. hoho... emang dasarnya saya kurus sih. tapi, ndak apa-apa. thankyou Suci dan Ajeng selaku makeup artist atas kerja kerasnya dalam mendandani kami para talent agar tampil lebih heitz di depan kamera.

ah, banyak yang ingin saya ucapkan untuk teman-teman crew Edutech Club. terimakasih atas kerjasama luar biasa seharian kemarin. terimakasih producer, director, cameramen, switcher, creative team, all talent,  audience, pokoknya semua crew yang bertugas muakasiiiiih buangets. semoga kita bisa terus kompak ya ke depannya. kalian luar biasa. Good Job Team!!! :D

** berikut foto-foto keseruan kami usai syuting, walaupun ngeblur tapi keliatan banget senengnya meskipun lelah seharian. Alhamdulillah..











1 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini